Minggu, 14 Oktober 2018

Masjid Islamic Center Samarinda - Masjid Islamic Center Samarinda ada di kelurahan Teluk Lerong Ulu, tepatnya di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid ini jadi tempat melaksanakan ibadah yang mempunyai ukuran paling besar ke-2 di Asia Tenggara dan termasuk juga ke salah satu masjid termegah yang berada di Indonesia. Dengan ukuran luas bangunan utama sebesar 43.500 mtr. persegi, dan bangunan tambahan yang memiliki ukuran 7.115 mtr. persegi, sedang untuk lantai basement mempunyai luas sampai 10.235 mtr. persegi. Lantai dasar masjid ini mempunyai luas 10.270 mtr. persegi dengan lantai utamanya memiliki ukuran 8.185 mtr. persegi serta untuk luas lantai balkon sebesar 5.290 mtr. persegi. 
Masjid Islamic Center Samarinda

Tempat berdirinya masjid islamic center samarinda kalimantan timur awal mulanya adalah tempat yang dipakai oleh PT Inhutanil I dalam hal proses untuk menggergaji kayu, akan tetapi pada akhirnya dikasihkan pada Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur untuk dipakai sesuai dengan kepentingan yang ada. Pembangunan masjid ini sendiri dikerjakan kala mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri masih menjabat, persisnya di tanggal 5 juli 2001 tiang pancang pertama sekali di letakkan serta penekanan tombol yang mengisyaratkan proses pembangunan segera diawali. Saat tujuh tahun pembangunan dikerjakan akhirnya pada tanggal 16 juni 2008 tepatnya di waktu pemerintahan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya masjid islamic center samarinda di resmikan serta telah bisa dipakai menjadi tempat melaksanakan ibadah orang Islam. 

Masjid Islamic Center Samarinda 

Masjid Islamic Center Samarinda memiliki 7 buah menara, untuk menara utamanya mempunyai ukuran tinggi 99 mtr. di mana dari sisi angka 99 melambangkan jumlahnya asmaul husna yang sejumlah 99. Di bagian menara utama ada bangunan 15 lantai dengan tinggi tiap-tiap lantai sekitar 6 mtr.. Sisi anak tangga yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai utama masjid mempunyai jumlah 33, di mana ini juga melambangkah jumlah biji tasbih yang sebanyak 33 biji. Sedang untuk menara yang lain yang sejumlah 6 buah, peletakannya dibikin terpisah di mana 4 buah menara ada di tiap-tiap pojok masjid dengan mempunyai tinggi 70 mtr. serta 2 menara yang lain ada di pintu gerbang dengan ukurang tinggi sekitar 57 mtr.. Jumlahnya 6 menara pendukung ini pula melambangkan jumlahnya yang ada pada rukun iman, dengan bangunan yang semacam ini dan kubah masjid dengan warna yang menarik tidak salah ikut menyematkan masjid ini jadi satu diantaranya masjid terindah di Indonesia. Dengan dibuatnya masjid islamic center samarinda di kalimantan timur, diharapkan bisa memperkokoh keislaman penduduk dan diharapkan bisa memberikan tempat melaksanakan ibadah yang memadai untuk umat Islam.