Senin, 04 Maret 2019

10 Keutamaan Membaca Al-Quran Setiap Hari - SEBAGAI umat Islam kita mempunyai pedoman hidup yakni Al-Quran. Dengan Al-Quran inilah hidup kita akan terukur serta berada di jalan yang benar. Tidak hanya mengarahkan kita ke jalan yang benar, Al-Quran mempunyai banyak keutamaan buat orang yang membacanya. Di bawah ini akan kami ulas 10 keutamaan membaca Al-Quran setiap hari 
Keutamaan Membaca Al-Quran

1. Sebaik-Baik Manusia yang Mempelajari serta Mengajari Al-Quran 
Sabda Nabi Muhammad SAW, “Sebaik-baik kalian ialah siapa yang mempelajari Al-Quran serta mengamalkannya,” (HR. Bukhari). 

2. Pahala Membaca Al-Quran 
“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, serta satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya,” (HR. At-Tirmidzi). 

3. Keutaman Membaca Al-Quran, Menghafalnya dan Pintar Membacanya 
“Perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedang dia ingat dengannya bersama dengan para malaikat yang suci serta mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedang dia selalu mengerjakannya walau hal tersebut susah baginya maka baginya dua pahala,” (Muttafaq ‘alaih). 

4. Pahala buat Orang yang Anaknya Mempelajari Al-Quran 
“Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajarinya serta mengamalkannya, maka dipakaikan pada ke-2 orang tuanya di hari kiamat mahkota dari cahaya serta sinarnya seperti cahaya matahari, serta dikenakan pada ke-2 orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya juga menanyakan, ‘Bagaimana dipakaikan kepada kami semua itu?’ Dijawab, ‘Karena anakmu sudah membawa Al-Qur’an,” (HR. Al-Hakim). 

5. Al Quran Memberikan Syafa’at pada Ahlinya di Akhirat 
“Bacalah Al-Quran sebab dia akan tiba di hari kiamat menjadi pemberi syafa’at pada para ahlinya,” (HR. Muslim). 

“Puasa serta Al-Quran kedua-duanya akan memberi syafa’at pada seorang hamba di hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim). 

6. Pahala buat Orang yang Berkumpul untuk Membaca serta Mengkajinya 
“Tidak berkumpul suatu golongan di salah satu rumah Allah SWT, tengah mereka membaca kitab-Nya serta mengkajinya, tetapi mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi karunia, diliputi para malaikat, serta disanjungi oleh Allah di depan para makhluk serta di sisi-Nya,” (HR. Abu Dawud). 

7. Bisa Menentramkan Hati 
“(yakni) beberapa orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram,” (QS.13:28). 

8. Bisa Mengobati Penyakit 
“Hendaknya kamu memakai ke-2 obat-obat: madu serta Al-Qur’an,” (HR. Ibnu Majah serta Ibnu Mas’ud). 

9. Pembaca Al Quran Dikaruniakan Hatinya dengan Cahaya oleh Allah SWT Serta Dipeliharanya dari Kegelapan 
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra yang maksudnya: “Bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya juga, baginya cahanya pada hari kiamat.” 

10. Pembaca Al-Quran Mendapatkan Kemulian serta Diberi Karunia pada Ibu Bapaknya 
“Siapa yang membaca Al-Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan ke-2 ibu bapaknya mahkota pada hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari sinar matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari ada di rumahmu (dipenuhi oleh sinarnya), maka apa sangkaan kamu pada yang beramal dengan adanya ini (Al-Qur’an),” (HR. Abu Daud).

Itulah - 10 Keutamaan Membaca Al-Quran Setiap Hari, semoga bisa mengamalkannya dan kita dimasukkan kedalam golongan orang-orang mukmin didunia ini. Aamiin.....