Senin, 25 Maret 2019

Masjid Istiqomah Bandung - Sejumlah pengemudi Gojek yang tergabung dalam Free Riders Online Transportation (FRONT) punya program untuk membersihkan masjid yang ada di Kota Bandung setiap satu satu minggu sekali.

Puluhan Pengemudi Gojek Lakukan Bersih Masjid Istiqomah Bandung
Penasihat FRONT Agi Lukmansyah mengatakan awal mula ide itu muncul saat ia dan beberapa pengemudi lainnya sering nongkrong menunggu penumpang di dekat masjid. Saat itu tiba-tiba saja terketuk hatinya untuk melakukan aksi bersih-bersih.

"Ini sudah berjalan sekitar 8 bulan. Awalnya sih saya prihatin karena banyak masjid yang kamar mandinya tidak terawat. Ini kan rumah Allah, rumah orang aja kita bersihkan senang apalagi Allah," ujar Agi usai kegiatan bersih-bersih di Masjid Istiqomah, Kota Bandung, Minggu (17/3/2019).

Sejak saat itu, setiap Hari Rabu dan libur FRONT selalu mengagendakan untuk membersihkan masjid. Target utamanya adalah kamar mandi, tempat wudu, lantai masjid hingga sejumlah interior yang terlihat kotor.

Untuk pemilihan masjid, biasanya dilakukan secara dadakan. Sebab anggota FRONT memiliki kebiasaan berhenti bekerja 15 menit sebelum azan untuk menuju ke masjid terdekat.

"Sambil salat di masjid itu, kita lihat-lihat kondisinya. Kalau memungkinkan, kita komunikasi dengan pihak DKM meminta izin untuk melakukan bersih-bersih," katanya.

Agi yang juga mantan petugas kebersihan di salah satu hotel sejak tahun 2004-2016 ini mengaplikasikan pengalamannya untuk membersihkan masjid. Bahkan ia menggunakan bahan-bahan biasa digunakan untuk membersihkan hotel yang tidak dijual di pasaran untuk membersihkan masjid.

Sementara Gojek memberikan dukungan dengan memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan. Nantinya alat-alat yang telah digunakan akan diberikan ke pihak masjid untuk dipakai kembali.

"Saya itu ingin, kita dari pada nongkrong dekat masjid, kenapa enggak bersihkan sekalian. Jadi kita bekerja sekaligus beribadah," ucapnya.
Puluhan Pengemudi Gojek Lakukan Bersih Masjid Istiqomah Bandung
Selain bersih-bersih masjid, Agi dan sekitar 200 orang anggotanya ini memiliki program one trip one sodakoh. Melalui program itu para pengemudi bisa bersedekah melalui kaleng yang disimpan di sekitar Jalan Progo. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk berbagai kegiatan.

"Sekarang ini yang sedang kita rintis adalah belajar Alquran. Kita ingin ngaji dan menghafal Alquran bersama," katanya.

Pada Hari Minggu ini, sekitar 180 anggota FRONT melakukan aksi bersih-bersih di Masjid Istiqomah Bandung. Mereka sejak pagi berkumpul untuk membersihkan masjid mulai dari dalam hingga bagian luar.

Kini program positif tersebut telah mendapat dukungan dari banyak orang. Tidak hanya dari sesama pengemudi, tapi sejumlah pengusaha juga ambil bagian untuk terlibat dalam program membersihkan masjid tersebut.