Jumat, 14 September 2018

Masjid Tertua Di Dunia - Masjid yang dibangun pada abad 6 masehi ini menjadi masjid tertua didunia. Nabi Muhammad SAW yang meletakkan batu pertama. Masjid ini lalu diberi nama Masjid Quba dan sampai saat ini masih berdiri megah.
Masjid Tertua Di Dunia
Masjidil Haram memang punya sejarah panjang sejak zaman Nabi Ibrahim, namun masjid pertama dalam sejarah Islam adalah Masjid Quba. Nah, kalau berkunjung ke Madinah, cobalah bertolak ke arah gerbang barat sekitar 5 Km dari Masjid Nabawi. Tak banyak wisatawan yang sadar, mereka sedang dihadapkan dengan masjid tertua di dunia.

Inilah Masjid Quba, yang pembangunannya rampung pada tahun 622 masehi. Dari situs resmi Quba Mosque, peletakkan batu pertamanya dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Pada masa itu Nabi Muhammad SAW menghabiskan waktu 20 hari di masjid ini, saat sedang berpindah dari Makkah ke Madinah.

Setelah batu pertama diletakkan, umatnya-lah yang menyelesaikan masjid ini. Semenjak itu Nabi Muhammad SAW sering datang ke Masjid Quba, dengan naik kuda maupun berjalan kaki. Sang Nabi pun berdoa dan salat di sini. Konon, salat sebanyak 2 rakaat di Masjid Quba pahalanya sama dengan 1 kali Umrah.
Masjid Tertua Di Dunia
Karena usia yang sudah tua, pada tahun 1982 masjid ini direnovasi ulang. Pada 2012, Masjid Quba kembali dipugar untuk kubah masjid dan bangunannya diperbesar. Butuh sekitar Rp 2,6 miliar pemerintah setempat menggelontorkan dana untuk membangun kembali masjid tertua di dunia ini.

Sekarang, Masjid Quba memiliki 2 lantai. Selain area untuk salat, terdapat pula kantor dan perpustakaan. Wisatawan tak perlu kuatir kalau pergi ke sini, ada beberapa hotel yang letaknya di sekitar Masjid Quba. Madinah Moevenpick Hotel, Marriott Madinah, dan Shaza Al Madina adalah beberapa di antaranya.

Itulah Masjid Quba Tertua Di Dunia, semoga kita bisa berkunjung kesana untuk melihat peninggalan nabi agung muhammad saw. Semoga bermanfaat,terimakasih.