Sabtu, 15 September 2018

Menengok Keindahan Kubah Masjid Biru Istanbul, Turki - Di antara sekian banyak landmark di Turki, ada tiga masjid yang terkenal di Istanbul yang patut mendapat perhatian khusus. Dan yang paling indah salah satunya adalah "Masjid Biru". Masjid Biru dianggap sebagai karya terbesar karena tidak hanya berasal dari arsitektur Islam, tetapi juga di dunia. 
Masjid Biru Istanbul

Masjid Biru dibangun setelah mengalami serangkaian kekalahan militer Turki. Sultan Ahmed menyatakan "saya menyadari bahwa ada masjid baru yang telah dibangun di kota Istanbul selama sekitar empat puluh tahun", sehingga dia memutuskan untuk membangun Rumah Allah dan memperbaiki situasi saat itu. Konstruksi Pembangunan Masjid Biru dimulai pada bulan Agustus 1609 ketika sultan berusia 19 tahun.

Mereka membersihkan area yang luas untuk pembangunan konstruksi tersebut, dan mencatat beberapa bangunan dari Bizantium dan awal periode Ottoman. Setelah itu banyak batu marmer dibawa masuk. Sedangkan nama "Biru" dipakai sebagai nama masjid karena masjid tersebut menggunakan lebih dari 20 ribu batu marmer berwarna putih dan biru.
Kubah Masjid Biru Istanbul
Sebuah Kubah Masjid yang besar yang mempunyai ukuran tinggi kubah 23,5 meter dan diameter 43 meter dihiasi dengan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Kolom masjid dihiasi dengan dekorasi bunga lili, anyelir, mawar dan ornamen lainnya. Lantai Masjid Biru tersebut ditutupi dengan karpet, dan cahaya lembut mengalir ke masjid melalui 260 jendela.